Tennessee Car Forums at TennSpeed banner
1 - 1 of 1 Posts

·
Registered
Joined
·
3 Posts
Discussion Starter · #1 ·
Kopi arabika siapa sih orang yang tidak tau ? kopi arabika memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi loh. Walaupun begitu, karakter dan profil kopi arabika cenderung digemari banyak orang. Sayangnya, banyak juga yang mengeluhkan rasa asam yang dimiliki kopi arabika. Kalian juga bisa melihat cara menyeduh kopi arabika dengan baik dibawah ini.

Pengertian Kopi Arabika

Kopi arabika dihasilkan dari tanaman Coffea arabica. Tanaman ini dipercaya berasal dari daerah Etiopia kemudian dibawa oleh para pedagang Arab ke Yaman. Bangsa Arab mulai mempopulerkan ekstrak biji kopi arabika yang diseduh dengan air panas sebagai minuman penyegar.

Di abad ke-15 popularitas minuman kopi mulai menyebar ke Eropa. Awalnya orang-orang Eropa membeli kopi dari para pedagang Arab. Kemudian mereka berhasil membudidayakan tanaman tersebut di Asia dan Amerika. Sejak itu kopi menjadi komoditas yang sangat populer di seluruh dunia. Bahkan sempat menjadi komoditas kedua terbesar yang diperdagangkan secara global setelah minyak bumi.

Saat ini terdapat 4 jenis kopi yang diperdagangkan secara global, yakni arabika, robusta, liberika, dan excelsa, Lebih dari 99% perdagangan kopi dunia didominasi jenis arabika dan robusta. Sisanya dalam jumlah yang tidak signifikan terdiri dari jenis liberika dan excelsa.

Manfaat Kopi Arabika

1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Di dalam tubuh terdapat dua jenis kolesterol, yakni kolesterol baik dan jahat. Kolesterol jahat umumnya tidak diperlukan oleh tubuh. Dalam jumlah berlebihan, kolesterol jahat bisa menjadi penyebab berbagai penyakit, seperti stroke, serangan jantung, maupun gangguan kardiovaskuler lainnya.

Kopi arabika mengandung sejumlah antioksidan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Keberadaan HDL mampu menekan jumlah kolesterol jahat dan mengurangi resiko peradangan yang menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung.

2. Mencegah Terjadinya Kanker

Berapa cangkir Anda mengonsumsi kopi dalam sehari? Sejumlah penelitian yang melibatkan 67 ribu perempuan menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 4 cangkir kopi dalam waktu sehari cenderung terhindar dari kanker.
Tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi kopi, sebab kopi mampu mencegah terjadinya kanker paru-paru, pankreas, payudara, hingga prostat. Kesimpulan penelitian sejumlah ahli tersebut terbukti dan mendekati hasil 100%.

3. Menghambat Resiko Penuaan Dini

Kopi arabika ternyata berpotensi memelihara kesehatan kulit. Riset menunjukkan orang yang rajin mengonsumsi kopi sebanyak 2-3 kali dalam sehari telah menghambat proses penuaan dini sebanyak 10% dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi.

Kandungan kafein dan antioksidan kopi terbukti dapat menangkal radikal bebas pada kulit. Kedua kandungan kopi tersebut juga berpotensi menjaga elastisitas kulit sehingga kulit terasa lebih kencang. Jika Anda tertarik, tidakkah Anda mencoba metode ini agar terlihat awet muda?

Cara Menyeduh Kopi Arabika
Food Kona coffee Tableware Single-origin coffee Coffee cup

Kopi Arabika merupakan jenis kopi yang paling diminati kaum anak muda. Kopi jenis ini berasal dari daratan Timur Tengah dan Arab. Dalam pembuatannya sendiri yaitu dengan cara dipanggang yaitu menggunakan dallah dan kompor khusus pembuatan kopi yang disajikan dalam finjaan atau gelas kecil. Berikut ini cara penyeduhan kopi arabika tersebut.

1. Pilih Biji Kopi Dark Roast

Seperti yang sudah diketahui, proses roasting sangat berpengaruh pada rasa dan aroma dari kopi. Jika kamu menginginkan kopi hitam arabika dengan rasa keasaman yang lebih rendah pilihlah biji kopi dengan tingkat roasting yang pekat atau dark.

Memilih biji kopi dark roast memang menjadi salah satu cara mengurangi tingkat acidity atau keasaman pada kopi termasuk biji dari jenis arabika. Namun, sebagai gantinya kamu akan merasakan rasa kopi yang cenderung lebih pahit.

2. Giling Biji Kopi Dengan Ukuran Fine Atau Halus

Menyeduh kopi sama artinya dengan mengekstraksi rasa dari biji kopi, sehingga banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah jenis hasil gilingan atau bubuk kopi. Biji kopi memiliki partikel rasa komplek, sehingga proses penggilingan kopi akan sangat berpengaruh pada rasanya.

Ketika kamu memiliki biji kopi arabika dan menginginkan rasa asam yang sedikit lebih rendah, giling biji kopi hingga berukuran halus atau fine. Partikel biji kopi yang halus menyimpan lebih banyak rasa.

3. Gunakan Suhu Air Dengan Suhu Yang Cenderung Dingin

Rata – rata suhu air yang digunakan untuk menyeduh secangkir kopi ada di kisaran 90-95 derajat celcius. Air dengan suhu panas yang tepat akan menghasilkan secangkir kopi yang pas dan nikmat
Biji kopi arabika bisa dikurangi tingkat keasamannya dengan menyeduhnya dengan suhu air yang lebih rendah atau dingin. Tapi, jangan lupa menggunakan bubuk kopi yang halus ya.

4. Perhatikan Waktu Penyeduhan

Hal terakhir yang juga perlu diperhatikan adalah perihal waktu. Jika kamu sudah memilih biji kopi dark roast dengan tipe fine grind hal terakhir yang kamu perlukan adalah ketepatan waktu serta suhu air yang pas.

Untuk mengurangi tingkat keasaman atau rasa acid saat akan menyeduh kopi hitam arabika adalah dengan menggunakan waktu seduh yang lebih lama. Menggunakan suhu air yang cenderung lebih rendah atau dingin artinya kamu perlu kesabaran lebih untuk proses ekstraksi kopi.

5. Coba Gunakan Filter Yang Terbuat Dari Kertas

Jika kamu menggunakan alat kopi manual, seperti V60 atau Chemex, maka penggunaan filter yang terbuat dari bahan metal, filter kertas tradisional akan membuat kopi hitam terasa lebih enak. Filter kertas selalu memberikan rasa atau karakteristik kopi hitam yang lebih light.

6. Tidak Ada Salahnya Menggunakan Teknik Cold Brew

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika ingin mengurangi rasa asam pada kopi arabika cara terbaiknya adalah dengan menggunakan air dengan temperature yang lebih rendah dengan waktu yang lebih Panjang. Teknik cold brew akan memberikanmu rasa kopi hitam yang tingkat asamnya sangat rendah. Bahkan Teknik cold brew diklaim bisa mengurangi tingkat keasaman hingga 60%.

7. Padukan Dengan Susu

Jika kamu tetap ingin mempertahankan rasa asam dari biji kopi arabika kamu bisa kok mencoba membuatnya menjadi kopi susu. Rasa asam dari kopi arabika memang akan sedikit berkurang jika dicampur dengan bahan lain seperti susu. Tapi kopi susu arabika ini akan membuat rasa asamnya tetap ada, hanya saja tidak terlalu kuat.

Inilah Langkah – Langkah menyeduh kopi arabika yang memiliki tingkat keasaman lebih tinggi. Jika kamu ingin mempertahankan rasa asamnya, lakukanlah hal – hal sebaliknya. Pilih bubuk kopi dengan gilingan kasar dan light roast serta pilih penyeduhan kopi dengan waktu yang lebih singkat. Jangan lupa juga menggunakan air dengan temperature 92-96 derajat celcius ya.

Untuk memudahkan anda untuk memanaskan kopi anda, anda bisa menggunakan alat pemanas kopi. Alat pemanas kopi adalah sebuah alay berfungsi untuk memanaskan kopi dengan mudah dan praktis. Mesin pemanas kopi ini dapat membantu anda saat anda tidak mau di susahkan dengan kerepotan saat akan menikmati mantapnya kopi. Jadi anda bisa menggunakan alat ini jika anda ingin lebih mudah untuk memanaskan kopi anda.

Jadi bagaimana menurut anda ? mudah bukan cara menyeduh kopi arabika dengan baik dan benar ? anda hanya perlu melihat cara di atas dengan baik – baik agar anda tau bagaimana cara menyeduh kopi arabika dengan benar.
 
1 - 1 of 1 Posts
Top