Tennessee Car Forums at TennSpeed banner
1 - 1 of 1 Posts

·
Registered
Joined
·
3 Posts
Discussion Starter · #1 ·
Tau kopi cappucino ? siapa sih yang tidak tau kopi cappucino ? minuman yang satu ini sangat di gemari hampir semua orang di dunia karena rasanya yang enak, Jika anda beminat membuatnya anda bisa melihat resep dibawah ini dengan baik dan benar.

Pengertian Kopi Cappucino

Kopi capuucino minuman khas italia yang terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 susu steamed, dan 1/3 buih susu. Pada dasarnya, minuman ini adalah campuran dari espresso dan susu seperti minuman – minuman berbasis espresso lainnya. Sepintas, sajikan cappuccino hampir tempak serupa dengan minuman latte.

Jika latte adalah campuran dari espresso, susu steam, dam foam yang halus, cappuccino punya komposisi susu yang berbeda. Susu yang digunakan untuk membuat secangkir cappuccino adalah susu dengan foam yang lebih tebal dari latte. Takaran susunya pun lebih sedikit karena sepertiga bagian dari kopi cappuccino adalah foam yang tebal.

Cara Membuat Kopi Cappucino

1. Siapkan Bahan Dan Peralatan Biji Kopi

Gunakan pilihan anda sendiri. Cara membuat cappuccino ini tidak membatasi jenis biji kopi. Takaran kasarnya bisa gunakan perbandingan 18-20 gram kopi untuk 6- mililiter air.

1. Timbangan

Anda suka berkreasi sendiri ? maka gunakan timbangan. Timbangan sangat penting untuk mengukur rasio. Rasio air dan kopi harus pas. Jika terlalu banyak kopi, gagal. Terlalu encer, gagal juga. Cara membuat cappuccino ini harus seimbang.

2. Penggiling Kopi

Untuk mendapatkan hasil terbaik, biji kopi yang baru digiling menggunakan mesin pembuat kopi otomatis sangat di anjurkan. Jika anda menginginkan kopi segar, gunakan juga bahan yang segar.

3. Air

Tentukan saja anda perlu air, karena cappuccino adalah minuman. Pastikan air yang anda siapkan adalah air bersih atau air minum dengan suhu 90 derajat Celcius. Atau jika anda tidak punya thermometer, cukup rebus air dan diamkan selama 1-2 menit.

4. Susu Foaming

Untuk menghasilkan foaming milk yang kaya akan rasa dengan tekstur yang creamy, gunakan susu khusus untuk membuat foam. Foaming milk merupakan salah satu komponen terpenting dalam racikan kopi. Biasanya para pelaku bisnis kedai kopi menggunakan susu segar/pasteurisasi untuk menghasilkan foaming berkualitas.

5. Presso/aeropress

Untuk membuat espresso sendiri, anda perlu presso. Jika anda tak punya aada presso di rumah, anda juga dapat menggunakan aeropress untuk mengekstrak saripati kopi. Tentu saja cara membuat cappuccino yang menggunakan presso akan menghasilkan espresso yang lebih baik, tetapi dengan aeropress juga dapat digunakan untuk tujuan yang sama.

6. French Press

Alat ini digunakan untuk menggantikan fungsi steamer pada mesin espresso yang digunakan untuk membuat foaming milk.

7. Server Atau Wadah Untuk Penyajian

Siapkan cangkir atau gelas berkapasitas 250ml untuk menyajikan cappuccino anda.

Cara Membuat Cappucino

Food Tableware Coffee cup Single-origin coffee Drinkware


Pada dasarnya, cara membuat cappuccino terdiri dari tiga langkah. Membuat espresso, membuat foaming milk, dan meracik :

1. Membuat Espresso
  • Panaskan air hingga 90 derajat celcius atau diamkan selama 1-2 menit.
  • Sambil menunggu air mendidih, giling kopi 18-20 gram.
  • Masukan gilingan biji kopi ke dalam presso atau aeropress.
  • Press kopi. Untuk 18 gram kopi, masukan air yang sudah direbus sebanyak 60ml. Jika menggunakan aeropress, gunakan rasio 1:3,4.
  • Masukan espresso ke dalam server atau wadah penyajian.
2. Membuat Foaming Milk

Berikut ini adalah Langkah -langkah membuat foaming milk :
  • Panaskan susu hinggan 90 derajat celcius atau diamkan selama 1-2 menit.
  • Press 120ml susu dengan menggunakan French press. Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra agar susu yang anda press mengeluarkan bulih. Nah buih inilah yang menghasilkan tekstur yang dicari saat mencicipi cappuccino ini. Untuk menghasilkan foam yang cukup, biasanya anda harus menekan susu selama kira – kira satu menit.
3. Meracik Cappucino
  • Tuangkan hasil foaming milk ke dalam espresso secara perlahan dan jangan sampai terlalu penuh agar tidak luber. Jika anda punya bubuk coklat, bisa juga ditaburkan diatasnya sebagai garnish atau hiasan. Serbuk kayu manis juga dapat digunakan sebagai garnish.
  • Untuk memudahkan anda menguraikan biji kopi dengan mudah anda bisa menggunakan mesin pembuat kopi otomasis untuk memudahkan anda menghasilkan kopi yang beraneka ragam termasuk kopi cappuccino.
Jadi bagaimana ? mudah, bukan ? jika dilihat, bahan dan cara pembuatan cappuccino dan katte hampir sama, yang membedakan hanya pada konsistensi susu yang digunakan. Pada latte susu yang digunakan lebih banyak dengan komsistensi cair, sedangkan cappuccino membutuhkan susu yang lebih sedikit karena akan membentuk buih/foam.

Dengan perbedaan jumlah susu tersebut, rasa kopi 1 gelas cappuccino akan lebih kuat jika dibandingkan latte. Jadi, sudah tau kan cara membuat cappuccino rumahan yang rasanya tidak kalah dari kafe-kafe yang lainnya.
 
1 - 1 of 1 Posts
Top